Tips Incar Rumah Dijual di Jakarta untuk Keluarga Muda Dan Karyawan


Banyak orang yang masih meminati mengadu nasib ke ibukota dengan harapan untuk hidup yang lebih baik. Mereka yang masih dalam usia produktif ini memang masih memiliki peluang terbuka untuk membangun kehidupan karier dan berumah tangga di Jakarta. Langkah berikutnya, mencari rumah dijual di Jakarta sambil menabung dan tinggal di rumah kost atau kontrakan bersama istri.

Lantas bagaimana memulai langkah-langkah mewujudkan keinginan tersebut?

·         Sesuaikan Gaya Hidup
Langkah pertama yang bisa dicoba oleh pasangan suami istri baru agar dapat segera memiliki rumah idaman adalah dengan melakoni gaya hidup sederhana. Mereka yang berprofesi sebagai karyawan atau masih merintis usaha sudah seharusnya berhemat sambil menikmati merintis rumah tangga di rumah yang tak terlalu besar seperti kost atau kontrak.

Tinggal bersama suami atau istri di kost kemungkinan akan membutuhkan biaya sekitar Rp 1,3 jutaan tiap bulan. Sementara untuk kontrak rumah sederhana kemungkinan ada di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,5 jutaan per bulan. Dengan sedikit perhitungan yang cermat, Anda bisa menabung untuk uang  muka pembelian rumah seperti KPR.

·         Tak Harus di Pusat Kota
Anda sebaiknya juga realistis dengan budget yang Anda siapkan. Jika memungkinkan, bisa saja Anda menebus perumahan di pusat kota dengan harga yang tinggi. Namun jika tidak, Anda bisa memilih rumah yang ada di pinggiran dengan harga yang masih terjangkau dengan kompensasi transportasi. Seperti yang diketahui bahwa tiap area di suatu wilayah punya tren harga tersendiri seperti Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Rumah dijual di Jakarta Timur memiliki tren yang lebih murah dibanding area lain. Pada kawasan ini rentang harga yang bisa Anda taksir adalah Rp 8 jutaan/m persegi. Sementara untuk ilayah lain bisa mencapai Rp 10 juta ke atas/m persegi. Semakin ke pinggir lokasi rumah yang Anda lirik, besar kemungkinan harga akan semakin terjangkau.

Banyak rumah dengan tipe rumah 45 (minimalis) yang seharusnya sudah cukup untuk dihuni oleh sebuah keluarga. Tipe ini sudah bisa menjanjikan ruang tamu, 2 kamar tidur, sebuah kamar mandi dan dapur untuk sekeluarga. Maka kira-kira, dengan budget sekitar Rp 500 juta, Anda sudah bisa memiliki rumah layak huni di Jakarta Timur.

·         Mencari Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Langkah yang tak kalah penting dalam upaya mewujudkan rumah impian adalah dengan menjadi pemburu KPR. Anda pun juga sebaiknya juga tidak asal mencari KPR dengan harga murah tanpa memiliki panduan. Anda bisa membandingkan berbagai tawaran KPR dari pihak bank. Ada banyak situs properti yang menyediakan kalkulator untuk memudahkan Anda menghitung simulasi KPR dan bunga agar Anda mendapatkan gambaran yang lebih akurat.

·         Buat Perencanaan
Ketika Anda sudah menemukan rumah incaran di Jakarta, langkah selanjutnya adalah membuat perhitungan yang realistis sehingga Anda dapat melakukan pembayaran cicilan secara konsisten. Anda bisa membuat perencanaan dengan membagi anggaran antara pembayaran uang untuk DP rumah dan menghitung berapa kemampuan cicilan bulanan. Hitung secara realistis antara anggaran kebutuhan rumah tangga dan pribadi.

·         Mulai Menabung Uang Muka
Dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh BI, disebutkan bahwa untuk uang muka kepemilikan KPR adalah sebesar 10% untuk bank syariah dan 15% bagi bank konvensional. Dengan kata lain, peluang untuk mendapatkan program KPR dengan uang muka yang rendah masih sangat memungkinkan. Akan tetapi, Anda juga tidak perlu terkejut ketika mengetahui bahwa kebanyakan program KPR masih menggunakan sistem DP sebesar 20%.

·         Menghitung Cicilan
Setelah Anda memiliki gambaran untuk tabungan uang muka, berikutnya adalah menghitung besaran cicilan per bulannya. Anda dituntut bisa membuat perkiraan simulasi cicilan agar tidak terlalu memberatkan ke depannya. Anda bisa memanfaatkan simulasi perhitungan yang telah disediakan do website resmi bank terkait atau melalui platform properti online lain untuk mendapatkan angka yang akurat.
Ilustrasi
Perlu diingat pula bahwa simulasi perhitungan tersebut masih belum termasuk berbagai biaya lain yang meliputi proses jual beli properti antara lain biaya cek sertifikat, pembuatan akta jual beli, biaya balik nama, penerimaan negara bukan pajak, Pph, BPHTB, biaya KPR dan jasa untuk pihak notaris. Beberapa biaya lain ini juga harus diantisipasi agar proses dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Itulah beberapa langkah yang dapat memudahkan Anda dalam mewujudkan rumah impian untuk keluarga kecil. Tak peduli Anda sebagai karyawan swasta atau pengusaha yang baru merintis, segera menabung uang muka bisa segera Anda lakukan tanpa harus menunggu menikah dahulu agar Anda tidak terlalu lama menghuni kontrakan bersama pasangan.

Masih banyak rumah dijual di Jakarta yang ditawarkan dengan DP yang terjangkau, khususnya di kawasan timur. Saat proses pembayaran uang muka rumah selesai, maka Anda bersama keluarga sudah bisa menghuni rumah tersebut sementara proses pembayaran cicilan sedang berjalan.

Tips Incar Rumah Dijual di Jakarta untuk Keluarga Muda Dan Karyawan Tips Incar Rumah Dijual di Jakarta untuk Keluarga Muda Dan Karyawan Reviewed by Negara Daha on 05.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.