Kipas Angin AC Anda Bermasalah? Atasi Dengan Cara Ini


Siapa yang tidak kenal dengan alat pendingin ruangan yang satu ini. Alat penyejuk ruangan ini bukan lagi menjadi barang yang asing kita temukan. Kipas angin AC ini dapat membantu kita untuk menyejukan ruangan dengan daya konsumsi listrik yang kecil. Itulah beberapa alasan mengapa kini banyak orang beralih menggunakan kipas angin AC dibandingkan dengan penggunaan air conditioner.
Kipas Angin AC
Pernahkah Kipas Angin AC Anda Mengalami Masalah?
Sembilan dari sepuluh orang mungkin sering merasakan jengkel ketika kipas angin AC yang sering Anda gunakan tiba-tiba tidak jalan atau kurang memberikan efek sejuk dan malah membuat udara di dalam ruangan menjadi panas dan pengap.
Jangan khawatir dan jangan langsung menilai bahwa kipas angin AC yang anda miliki itu rusak total. Alangkah lebih baiknya kita cari tahu terlebih dahulu letak kerusakannya pada bagian mana. Sebenarnya banyak cara untuk memperbaiki kipas angin AC yang bermasalah.
  1. Kipas angin AC Anda Mati
Untuk mengatasi masalah ini, periksa aliran listrik rumah Anda apakah sedang ada pemadaman atau tidak. Jika dipastikan listrik dirumah sudah menyala, cek kabel powernya apakah dalam keadaan masih bagus atau tidak. Kemudian cek apakah sudah dipasangkan dengan benar.
Jika sudah memastikan kabel power dalam keadaan bagus, maka cek kelistrikan yang ada pada sekring kipas angin tersebut.
Untuk mengecek aliran listrik, Anda dapat menggunakan multi tester. Jika masalah kelistrikan sudah ditemukan, maka gantilah komponen yang rusak tersebut.
  1. Kipas Angin AC Anda Tidak Sejuk
a.       Bagian Filter Kotor
Jika filter kipas angin AC tersebut dipenuhi dengan debu ambil kuas atau lap untuk membersihkannya. Nah, kemungkinan besar yang menjadi penyebab kipas angin AC Anda tidak memberikan kesejukan adalah menumpukknya debu pada bagian filter kipas.
Jika ternyata debu yang menempel pada filter kipas angin AC tersebut susah hilang. Anda bisa gunakan alternatif lainnya, yaitu lepaskan filter kipas dari tempatnya. Kemudian rendam filter tersebut dengan menggunakan sabun cuci pakaian (deterjen).
Biarkan selama 10 menit, selama proses perendaman tersebut Anda bisa menggosok bagian-bagian yang berdebu dengan sikat atau kuas yang halus. Usahakan jangan menggosok terlalu keras karena dapat merusak filter dari kipas angin AC itu sendiri.
Tunggu filter sampai kering. Anda bisa simpan filter tersebut di ruangan yang cukup udara, sehingga kadar air hasil pencucian tadi menyusut dan filter kipas angin AC menjadi cepat kering. Setelah kering, pasang kembali filter seperti semula.
b.      Tanki Air Kosong
Tanki air yang kosong dapat membuat udara yang dihasilkan tidak sejuk. Untuk kalian yang sering menggunakan kipas angin AC ini setiap hari jangan lupa sesekali mengecek keadaan air pada tangkinya. Karena kipas angin AC jika dinyalakan terus menerus tanpa ada air pada bagian tanki menyebabkan kipas angin AC di rumah Anda rusak. Jadi, isilah tanki air jangan biarkan kosong. Lebih baik Anda menjaga keadaan air berada di atas tanda minimum.
c.       Penyimpanan kipas angin AC yang tidak tepat
Kipas angin AC membutuhkan sirkulasi udara yang bagus, jadi tempatkan alat pendingin ini pada tempat yang banyak ventilasinya. Semakin kering udara yang ada di ruangan karena banyaknya ventilasi, maka udara yang dihasilkan akan terasa sangat sejuk.
d.      Periksa pompa air apakah berjalan atau tidak. Jika tidak berarti Anda harus mengganti atau servis pompa.
e.       Periksa mode cool aktif atau tidak. Jika tidak, maka aktifkan.
  1. Udara yang dihasilkan bau
Apabila muncul bau tidak sedap pada udara yang dihasilkan kipas angin AC Anda, maka hal tersebut terjadi karena media pendingin Anda ditumbuhi jamur.
Untuk menghilangkannya, Anda harus membuat larutan antara cuka dengan air. Rasionya adalah 50% cuka dan 50% air. Siramkan larutan ini pada bagian media pendingin. Sikat dengan teliti dan bilas hingga bersih. Keringkan, kemudian pasang kembali media pendinginnya.
Itulah beberapa masalah yang dapat terjadi pada kipas angin AC dan cara mengatasinya. Kesimpulannya, banyak masalah pada mesin kipas angin AC timbul dikarenakan tidak adanya perawatan pada kipas angin AC itu sendiri. Jadi, seringlah melakukan perawatan agar kipas angin AC Anda terhindar dari beberapa masalah seperti yang dijelaskan pada artikel ini.





Kipas Angin AC Anda Bermasalah? Atasi Dengan Cara Ini Kipas Angin AC Anda Bermasalah? Atasi Dengan Cara Ini Reviewed by Negara Daha on 23.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.