6 Tips Liburan Hemat yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Sebentar lagi liburan tiba! Sudah buat rencana liburan bersama keluarga? Tapi, rencana hanya tinggal rencana kalau tidak dibuat serealistis mungkin.

Kalau tidak ada keinginan liburan yang sangat diniatkan juga pasti keinginan tersebut tidak terwujud. Intinya, ada niat dan keinginan kuat di balik setiap rencana yang disusun.

Tapi, tidak hanya itu juga, lho. Harus ada satu hal lagi yang bisa mendukung jalannya rencana liburan, yaitu keadaan finansial yang oke.

Yang namanya liburan pasti butuh dana untuk menunjang semua kebutuhan. Namun, liburan tidak melulu membutuhkan dana yang banyak, kan.
Ilustrasi. (foto: shutterstock)
Liburan hemat bisa dengan gampang terwujud kok. Gimana caranya? Berikut ini rangkaian tips liburan hemat agar kamu terhindar dari kantong yang jebol. Rasanya, belum banyak orang yang mengetahui ini, lho. Yuk, simak!

1. Buat reservasi dari jauh hari
Reservasi sejak jauh hari tentunya akan sangat berdampak pada pengeluaran kamu nantinya. Karena seperti kita ketahui kalau harga hotel dan juga tiket pesawat sangat berpengaruh pada kapan kamu melakukan pemesanan.

Misal, saat Anda akan liburan di Batam, baiknya buat reservasi dari jauh hari untuk mendapatkan penawaran terbaik hotel murah di Batam. Karena saat memesan dari jauh hari, masih ada banyak kesempatan kamar murah yang ditwarkan.

Membuat reservasi dari jauh hari juga bisa meminimalisir kamu kehabisan tiket dan juga kamar hotel. Dan, ada juga kabar baik bagi kamu yang akan membuat reservasi beberapa minggu sebelum keberangkatan, yaitu harga promo.

Jika kamu perhatikan, akan ada banyak promo yang ditawarkan oleh pihak penyedia hotel maupun dari situs booking online. Yang terpenting, kamu harus lebih jeli dan teliti ketika memesan.

2. Pilih kenyamanan daripada kemewahan
Nah, untuk poin yang satu ini kembali lagi ke pilihan masing-masing dari kamu. Saat liburan nanti apakah lebih memilih kenyamanan atau kemewahan.

Kalau ingin liburan yang hemat dan tidak menguras kantong, baiknya utamakan kenyamanan. Terutama dalam hal memilih fasilitas kamar hotel.

Seperti kita tahu, biaya akomodasi adalah biaya terbesar setelah tiket pesawat yang harus dikeluarkan selama liburan. Oleh karena itu, memilih hotel yang nyaman namun murah akan sangat membantu kamu untuk mewujudkan liburan yang indah.

Tidak perlu bingung, sekarang kan banyak situs booking hotel online murah seperti Reservasi.com yang bisa memudahkan kita mencari hotel murah yang tidak kalah nyaman dengan hotel lainnya. Banyak diskon yang ditawarkan lagi.

3. Hindari peak season
Ini juga yang harus kamu pertimbangkan saat membuat rencana liburan. Begitu mendengar peak season pasti langsung terlintas di pikiran tentang bayangan penuhnya destinasi wisata di mana-mana. Antrian panjang yang megular juga pasti tak terelakkan.

Percayalah, tidak ada nikmatnya liburan di kala peak season. Harga yang ditawarkan di destinasi juga kebanyakan akan lebih mahal melihat banyaknya pengunjung yang berdatangan.

4. Survei destinasi
Melakukan survel destinasi juga sangat berdampak pada berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan. Coba sebelum pergi, lakukan survei sebaik mungkin agar kamu juga bisa menentukan bujet yang paling minimal dan hemat.

Dengan survei juga kamu jadi bisa merencanakan titik-titik destinasi yang berdekatan sehingga itinerary yang dibuat bisa mendukung liburan hemat yang kamu dambakan.

5. Membawa uang tunai
Ini juga penting, terlebih bagi kamu yang sangat terbiasa menggunakan kartu kredit dan debit. Dengan membawa uang tunai, kamu jadi bisa lebih mengontrol pengeluaran karena memang ada bukti fisik dan uang tersebut terpampang nyata di depan mata.

Sementara, kalau menggunakan kartu kredit dan kartu debit, kamu tidak akan pernah melihat wujud nyata seberapa banyak uang yang kamu belanjakan. Membawa uang tunai juga akan membantu kamu mengelompokkan pengeuaran sesuai kebutuhan dan prioritas.

6. Open PO
Nah, kalau tips yang satu ini sih sudah pasti diniatkan oleh mereka yang memiliki passion bisnis yang sangat besar. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Memang untuk melakukan bisnis open po atau pre order akan butuh modal. Terlebih kalau kamu menggunakan sistem pembayaran uang muka lima puluh persen. Kalau begitu berarti kamu harus menyediakan sisa lima puluh persen lainnya untuk membeli barang yang dijual.

Tapi, kamu harus ingat kata pepatah, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Kamu bisa mengambil untung dari “titipan” barang tersebut.

Kapan lagi kan pulang liburan malah dapat uang? Cuma untuk melakukan open po kamu sudah harus memantapkan rencana liburan agar jalan-jalan dan belanja barang keperluan bisnis bisa berimbang.

Nah, itu tadi enam tips untuk liburan dengan biaya hemat yang tidak diketahui banyak orang. Jaman sekarang, liburan memang harus rutin dilakukan. Jangan sampai kepenatan akan aktivitas sehari-hari malah mengurangi tingkat produktivitas kamu saat bekerja. Semoga artikel ini membantu.

6 Tips Liburan Hemat yang Tidak Diketahui Banyak Orang 6 Tips Liburan Hemat yang Tidak Diketahui Banyak Orang Reviewed by Negara Daha on 23.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.